Selasa, 13 Juli 2021

Pelanggan Internal Dan Eksternal


Semua bisnis yang sedang berjalan pasti membutuhkan pelanggan atau customer. Apapun bisnisnya, jika tidak memiliki pelanggan maka bisnis tersebut tidak akan berumur lama. Karena pelanggan adalah orang - orang yang rela mengeluarkan uangnya untuk membeli produk setiap produsen, sehingga para produsen tersebut memperoleh keuntungan dari hasil penjualan produknya ke pelanggan.

Dalam dunia bisnis, pelanggan dibedakan menjadi 2 macam. Yaitu pelanggan internal dan pelanggan eksternal. Apa yang dimaksud dengan pelanggan internal dan pelanggan eksternal? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Pelanggan Internal 
Pelanggan internal adalah orang - orang yang berada dalam perusahaan dan memiliki pengaruh pada performa pekerjaan di perusahaan. Bagian pembelian, produksi, penjualan, pembayaran gaji, rekruitmen dan karyawan, merupakan contoh pelanggan internal.


Bagi seorang karyawan, rekan kerja dan atasannya adalah pelanggan internal. Baik mereka yang berada dalam departemen yang sama ataupun dalam departemen yang berbeda. Hasil kerja kita sangat mungkin mempengaruhi hasil kerja mereka, dan keseluruhan hasil kerja yang diterima oleh customer eksternal perusahaan. Apabila kita tidak memenuhi kebutuhan mereka dengan baik, mereka bisa saja menyampaikan keluhan pribadi maupun formal ke bagian kepegawaian, dan tentunya itu berefek pada penilaian kinerja kita.

2. Pelanggan Eksternal 
Pelanggan eksternal adalah pembeli atau pemakai akhir produk tersebut, sering disebut sebagai pelanggan nyata (Real Customer). Pelanggan eksternal merupakan orang yang rela membayar agar dapat langsung menggunakan produk atau jasa.


Pelanggan eksternal merupakan orang - orang yang berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis kita di luar lingkungan perusahaan. Oleh karena itu, kita harus bisa membuat produk sebaik mungkin dari segi kualitas (quality), harga yang bersaing (cost), dan ketepatan waktu pengiriman (delivery). Ketiga faktor ini harus diperhatikan agar dapat memuaskan pelanggan eksternal. Kepuasan pelanggan eksternal tidak akan bisa dicapai jika kepuasan pelanggan internal di dalam lingkungan perusahaan belum tercapai. Bekerjalah dengan baik, maka pelanggan internal akan puas dan akhirnya berdampak pada kepuasan pelanggan eksternal.


Itulah pengertian mengenai pelanggan internal dan pelanggan eksternal, terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar