Sabtu, 09 Januari 2021

Hoshin Kanri Dan Manfaatnya Bagi Perusahaan



Istilah Hoshin Kanri berasal dari bahasa Jepang. Pengertian hoshin Kanri yaitu suatu manajemen yang bisa mengarahkan ke arah yang lebih baik. Hoshin berarti “kompas” atau “petunjuk arah”, sedangkan Kanri adalah “manajemen”. 

Bila dijabarkan lebih panjang, Hoshin Kanri merupakan strategi yang membantu organisasi untuk memusatkan fokus kepada pencapaian target dan tujuan. Hoshin Kanri bisa dianggap sebagai metode perencanaan strategis yang dilakukan oleh para stakeholder di perusahaan, yang digabungkan dengan metode quality improvement.

Strategi Hoshin Kanri populer di Jepang pada akhir dekade tahun 1950-an, dalam pernyataannya, Profesor Kaoru Ishikawa yang mengatakan ini:

“Setiap orang adalah ahli dalam bidangnya masing-masing, dan TQC (Total Quality Control) ala Jepang dirancang untuk memanfaatkan kekuatan dari pemikiran kolektif dari semua karyawan untuk membuat organisasi mereka menjadi yang terbaik di kelasnya”. Pernyataan inilah yang menjadi dasar Hoshin Kanri.

“Top dan middle manager harus berani untuk mendelegasikan otoritas kepada timnya. Itu adalah cara untuk menumbuhkan rasa hormat sebagai bagian dari filosofi manajemen anda, dimana semua orang terlibat didalamnya, mulai dari top down hingga bottom up, kehormatan akan terus terpelihara” kata profesor Ishikawa Dalam bukunya yang berjudul What Is Total Quality Control?

(Baca juga : manfaat kaizen terhadap quality, cost, delivery)

Konsep hoshin Kanri kemudian dimodifikasi dan diadaptasi oleh banyak orang, seperti Dr. Yoji Akao (yang menggunakan shewhart cycle (PDCA) untuk mencapai target, memilih control point (tolok ukur), dan menghubungkan aktifitas sehari-hari dengan strategi perusahaan.

Manfaat penerapan hoshin Kanri :

Hoshin Kanri membawa banyak keuntungan bagi perusahaan dan karyawan. Berikut ini merupakan manfaat hoshin Kanri bagi perusahaan.

1. Menciptakan fokus kepada tujuan bersama perusahaan.

2. Mengkomunikasikan tujuan-tujuan tersebut kepada seluruh pimpinan.

3. Melibatkan seluruh pimpinan dalam menyusun perencanaan dalam mencapai tujuan.

4. Membantu dan memberikan tanggung jawab kepada karyawan untuk mencapai tujuan yang menjadi bagian mereka masing-masing (sebagai bagian dari strategi dan rencana perusahaan).

(Baca juga : metode yang sering digunakan dalam lean manufacturing)

Itulah pengertian dan manfaat dari penerapan hoshin kanri. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar