Rabu, 06 Februari 2019

ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA)


Root Cause Analysis (RCA) atau analisa akar penyebab adalah suatu metodologi proses yang digunakan untuk mencari sumber penyebab dari suatu masalah. Root Cause Analysis banyak digunakan sebagai solusi untuk melakukan perbaikan berkesinambungan di suatu perusahaan, baik perusahaan jasa maupun industri manufaktur.
Root Cause Analysis merupakan awal permulaan dari kaizen (perbaikan berkesinambungan). Tanpa adanya analisa akar penyebab yang tepat, maka perbaikan untuk menghilangkan masalah yang terjadi di dalam suatu proses tidak akan bisa maksimal. Kemungkinan masalah tersebut bisa terjadi lagi di kemudian hari, disebabkan karena analisa penyebab suatu masalah yang meleset. Ibarat kita sedang sakit, kita tidak tahu kita sedang mengalami sakit apa, namun diberi obat secara asal – asalan. Akibatnya kita tidak kunjung sembuh. Sebab, kita salah dalam memilih obat dikarenakan kita tidak tahu gejala sakit yang sedang menimpa kita.
Terdapat beberapa tools yang bisa digunakan dalam mencari akar penyebab dari suatu masalah. Di antara tools tersebut adalah :
1. Diagram Parreto
Diagram parreto termasuk dalam seven tools atau 7 alat pengendalian kualitas. Diagram parreto berteori bahwa 80% masalah terjadi disebabkan oleh 20% penyebab. Diagram parreto disajikan dalam bentuk grafik, grafik yang memiliki frekuensi dan persentase paling tinggi akan diprioritaskan untuk dianalisa.
2. 5 Whys (Why Why Analysis)
5 Whys adalah metode yang digunakan untuk mencari akar penyebab masalah dengan cara bertanya mengapa hingga pertanyaan tersebut sudah tidak bisa dijawab. 5 whys merupakan tools yang ampuh untuk menganalisa suatu masalah dan merupakan bagian dari kaizen (continous improvement) yang menjadi pilar dari Toyota Production System (TPS).
3. Diagram Sebab Akibat (Fishbone Diagram)
Diagram sebab akibat (fishbone diagram)digunakan untuk menganalisa hubungan sebab akibat berdasarkan 4 faktor, yaitu man, material, method, dan machine. Diagram sebab akibat bentuknya seperti tulang ikan, oleh karena itu disebut fishbone diagram. Ada juga yang menyebut dengan diagram ishikawa, karena penemunya adalah seorang ilmuwan yang bernama Kaoru Ishikawa.
4. Fault Tree Analysis (FTA)
Fault Tree Analysis adalah sebuah teknik untuk menghubungkan beberapa rangkaian kejadian yang menghasilkan sebuah kejadian lain. Bentuknya seperti pohon, oleh karena itu disebut sebagai Fault Tree Analysis (FTA). FTA menjelaskan kejadian dengan cara menerjemahkan secara grafik kombinasi-kombinasi dari kesalahan yang menyebabkan kegagalan dari suatu sistem.
5. Cause Map
Cause map merupakan sebuah metode sederhana dan efektif untuk menganalisis dan mendokumentasikan masalah serta menunjukkan bagaimana hubungan sebab akibat terhubung dan mengarah pada insiden utama. Cause map tidak hanya menghubungkan masalah dengan penyebab - penyebabnya, namun juga mengandung unsur - unsur jurnalis yang dapat menemukan siapa, kapan, apa, dimana, mengapa, bagaimana tentang suatu peristiwa bisa terjadi.
''Ingin membaca materi teknik industri lainnya?'' klik daftar materi teknik industri
Terima kasih telah mengunjungi blog saya, semoga artikelnya bisa bermanfaat.