Kamis, 03 Desember 2020

Kaizen Tidak Harus Mengeluarkan Biaya

Apa yang ada dipikiran kita bila kita mendengar kata kaizen? Mungkin yang terbesit adalah sebuah perbaikan sistem yang membutuhkan pemikiran dan biaya yang tidak sedikit dalam penerapannya. Namun, sebenarnya kaizen tidak selalu membutuhkan biaya, walaupun mungkin membutuhkan biaya, namun biaya tersebut tidak harus mahal.

Lalu pertanyaannya, kaizen seperti apa yang dinilai tidak memerlukan biaya? Kaizen yang tidak memerlukan biaya adalah kaizen basic, yaitu kaizen yang menjadi dasar pondasi dari Toyota Production system, dan lean manufacturing. Apa saja kaizen tersebut? Kaizen tersebut di antaranya adalah 5S/5R, line balancing, dan motion study.

5S/5R adalah sebuah metode yang digunakan untuk menata lingkungan kerja agar tampak kondusif, rapi, dan bersih sehingga bisa mendukung produktivitas dalam bekerja. Dengan menerapkan 5S/5R secara berurutan seperti memilah barang yang digunakan dengan yang tidak digunakan, merapikan barang yang masih digunakan, dan membersihkan area kerja sebenarnya kita tidak mengeluarkan biaya untuk kaizen, karena tidak membeli alat. Bila kita berhasil menerapkan 5S / 5R secara benar, dipastikan proses bekerja akan menjadi lebih cepat, tepat, dan nyaman. Kita tidak perlu membuang waktu yang tidak perlu seperti mencari barang yang berserakan, memperbaiki mesin yang rusak karena banyaknya kotoran yang menumpuk karena jarang dibersihkan, dan sebagainya. 

Line balancing adalah sebuah metode yang digunakan untuk meratakan beban pekerjaan pada suatu lini produksi, sehingga berdampak pada kelancaran produksi dan pencapaian output yang maksimal. Line balancing tidak memerlukan biaya, karena kita cukup melakukan analisa time study per stasiun kerja. Jika terdapat stasiun kerja yang mengalami kelebihan beban pekerjaan, sehingga waktu penyelesaian pekerjaannya menjadi sangat lama, kita bisa menyeimbangkannya dengan stasiun kerja lain yang lebih banyak waktu menganggurnya.

Motion study adalah suatu metode yang digunakan untuk menganalisa gerakan operator dalam bekerja. Melalui motion study ini, kita bisa melihat apakah gerakan kerja dari operator tersebut sudah tepat atau belum. Mungkin ada gerakan yang terlalu berlebihan sehingga menyebabkan waktu proses menjadi lama. Oleh karena itu, gerakan yang berlebihan tersebut perlu diringkas dan disampaikan kepada operator agar tidak terjadi pemborosan waktu dan tenaga. Hal ini termasuk dalam kaizen yang murah dan tidak memerlukan biaya sama sekali.

Itulah beberapa contoh kaizen yang tidak memerlukan biaya sama sekali. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar